PERMASALAHAN DALAM MERAWAT MURAI BATU DAN CARA MENGATASINYA

Sering akan dijumpai permasalahan dalam memelihara dan merawat burung murai batu, terkadang cara salah dalam merawat dan mengobati murai batu yang bermafaat mengakibatkan burung murai batu semakin ngedrop dan tidak mau berkicau lagi
Dalam merawat momongan anda harus memperlajari setiap perubahan yang sedang terjadi pada burung murai batu tersebut, agar nantinya sobat dapat mengambil langkah dan penanganan yang tepat.
Dalam artikel TokoBurung.org kali ini akan membahas beberapa permasalahan yang dialami dalam merawat murai batu, salah satunya adalah:

1. Burung Murai Batu Ngebatman ketika sedang diadu/trek dengan murai batu lainnya.
Dalam adu burung murai batu ada istilah dengan kata “NgeBatman” yang dapat ditunjukan oleh murai batu yang sedang mengalami drop mental dengan menurunkan dua sayap kebawah dan hanya mengeluarkan suara kecil, jadi Untuk treatment guna mengatasi Ngebatman tersebut bisa dengan cara digenjot komsumsi EF dengan memberikan Jangrik & Kroto sebanyak yang burung inginkan.
Selama proses treatment baiknya burung murai batu tersebut disendirikan dan dijauhkan dari burung-burung fighter lainnnya, upayakan juga agar tidak terdengar suara burung lain.
Lakukan pemberian multivitamin secara terukur dan berkala, untuk lama proses treatment ini bisa memakan waktu hingga berbulan bulan, untuk hasil yang maksimal ada baiknya menunggu hingga proses mabung selanjutnya untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

2. Burung Murai Batu Ngurak/Mabung tidak sampai tuntas atau macet.
Penting untuk selalu diperhatikan asupan gizi, vitamin, mineral, dll yang mendukung kinerja metabolisme pada burung, dan pada saat ngurak/mabung inilah burung murai batu memerlukan element-element yang telah saya sebutkan tadi hingga 3 kali lipat dari yang biasanya.
Untuk hal ini maka sobat harus selalu memastikan asupan Multivitamin & Multimineral terkecukupi dengan memberikan obat-obatan khusus burung yang banyak disediakan pada Toko Burung didaerah tempat tinggal sobat.

3. Burung Murai Batu tidak berkicau dan tidak semangat
Dalam merawat murai batu penting untuk anda memperhatikan kondisi fisik burung, apakah burung tergolong sehat atau sedang sakit. maka perlu untuk selalu menjaga kebersihan kadang dengan memberikan obat pengusir hama penyakit dan selalu memberikan obat cacing & kutu secara berkala selama 3 Bulan sekali.
Beberapa hal diatas merupakan sebagian kecil permasalahan dalam merawat burung murai batu, sobat akan sering menemukan permasalahan dalam merawat murai batu, tapi dalam hal ini yang perlu anda perhatikan adalah selalu berinteraksi dengan momongan sobat maka akan dengan mudah untuk mengetahui perubahan yang burung alami, memang penting bagi sobat untuk mengetahui CARA MEMILIH BURUNG MURAI BATU yang baik dan berpeluang untuk menciptakan jawara burung berkicau.
Ok!, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para sobat kicau semuanya


Sumber Artikel : http://tokoburung.org/permasalahan-dalam-merawat-murai-batu-dan-cara-mengatasinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar