CARA MUDAH MENJINAKKAN BURUNG MURAI BATU

Penting untuk melakukan proses penjinakan terlebih dahulu untuk burung murai batu yang masih giras, burung murai batu yang terbilang giras adalah murai batu yang masih takut dengan orang dan lingkungan sekitarnya, yang ditandakan dengan gerakan burung yang tidak beraturan menabrak jeruji sangkar dan kelihatan panik pada saat dihampiri sangkarnya.
Sekedar informasi yang perlu untuk anda ketahui apabila memutuskan untuk memelihara burung murai yang masih giras adalah lakukan proses penjinakan terlebih dahulu, karena burung yang sudah tidak takut dengan orang dan lingkungan sekitar akan lebih cepat mudah berkicau dibandingkan dengan murai batu yang masih liar/giras.

Untuk proses disini menuntut kesabaran dari sobat dalam melakukan perawatan, lakukan tahapan dibawah ini yaaaa…

1. Gantang burung ditempat yang tinggi yang sering dilalui orang.
2. Perhatiankan kondisi burung, jika sudah tenang, coba turunkan kebawah secara bertahap dalam beberapa hari.
3. Jika pada posisi terendah burung sudah tidak terlihat gerabakan/panik lagi, bisa menggantangnya diposisi yang lebih sering dilalui orang.
4. Lakukan proses mandi secara rutin, dalam hal ini bisa menggunakan spraying dengan semprotan yang cukup halus dan jangan melakukannya secara terburu-buru hingga basah kuyup.
Nah sebagai tambahan salah satu trik saya berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan dengan cara membawa burung murai batu nongkrong bareng bersama rekan-rekan setiap malam hari, nah… pasti anda bertanya mengapa harus malam hari.

Dikarenakan pada malam hari burung murai batu selalu membatasi geraknya dan terlihat lebih tenang, nah pada kesempatan ini saya pergunakan untuk memperkenalkan lingkungan sekitar kepada burung tersebut dan terbukti bahwa trik satu ini berjalan dan berhasil.
Alhasil semua burung murai batu yang masih giras ataupun bahan yang saya miliki.
Ok.. Selamat mencoba yaaa!!!…



Sumber Artikel : http://tokoburung.org/cara-mudah-menjinakkan-burung-murai-batu/

3 komentar:

  1. Salam kicau ..
    Mau tanya nih ..
    Kalau malam perlu di krodong kah mb nya ..
    Makasih

    BalasHapus
  2. BM q stiap hri q gantang di teras tp msh aja giras...apalgi saat mengangkat kernjangnya tmbah gelabrakan dan nempel di jerujinya sprti spyderman...pdhal sdh hmpir 1blanan, mndi jg stiap hri...mhon pencerhan nya ya gan yg sdh berpenglman...di tģgu???

    BalasHapus
  3. Saya pnya murai batu trirol Medan dari orangnya katanya mulai dari indukannya sampai umur 3 bulan lebih blm pernah di keluarkan...belum pernah kelihatan lalu lalang orang sama motor..terus saya beli di saya ini glabakan ..bagaimana solusinya ya om. Maf pemula perlu bimbingan Taku ko it burung sayan hheeh trimakasih

    BalasHapus