CARA MERAWAT BURUNG MURAI BATU

Buat sobat kicau yang baru perdana mengunjungi blog TokoBurung.org ini nggak ada salah donk membaca artikel “SALAM KICAU MANIA” yang merupakan wujud salam perkenalan kami kepada sobat kicau semuanya.

Ok!. Bagi para sobat kicau yang memiliki hobby memelihara burung murai batu, kali ini Tokoburung.org berbagi tips perawatan murai batu dengan sobat kicau sekalian. A. Sangkar burung murai batu bisa menggunakan sangkar kotak dengan ukuran 60 x 60 x 80 cm dan jika sobat kicau menggunakan sangkar bulat bisa menggunakan sangkar dengan diameter 40 s/d 60 cm, disesuaikan dengan jenis murai batu yang dipelihara, apakah murai batu ekor panjang atau ekor pendek.
B. Pakan yang cocok dengan murai batu diantaranya adalah Voer, Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, Ulat Bumbung, Belalang, Cacing
Untuk rawatan harian burung murai batu :
1. Jam 07.30 burung murai digantang diteras rumah untuk diangin-anginkan selama 30 menitan, pada sesi ini sobat kicau bisa menikmati kicauan dari murai yang sobat pelihara.
2. Jam 08.00 burung murai bisa dimandikan, dalam hal mandi bisa disesuaikan dengan karakter mandi dari burung tersebut apakah dengan menggunakan keramba mandi, semprot atau cepuk mandi.
3. Jam 08.15 burung bisa dianginkan kembali selama 15 menit, pada sesi ini dimaksudkan agar burung dapat menata ulang bulu yang berantakan pada saat melakukan proses mandi.
4. Jam 08.30 burung sudah bisa dijemur dibawah sinar matahari selama 1-2 jam, hal ini berguna untuk membantu proses metabolisme pada tubuh burung agar tetap dalam kondisi baik, berikan jangkrik 4 ekor pada cepuk EF
5. Jam 11.00 burung bisa kembali dianginkan diteras rumah dan setelah itu burung kembali dikerodong dan bisa lakukan pemasteran dengan burung-burung master atau dengan perangkat elektronik.
6. Jam 16.00 burung kembali digantang diteras rumah dan diberikan jangkrik 4 ekor kembali pada cepuk EF, burung murai bisa kembali dimandikan jika dianggap perlu.
Hal yang juga penting :
1. Berikan kroto segar sebanyak 1-2 sendok makan maksimal 3 x seminggu, diharapkan pemberian kroto diberikan pada saat pagi hari.
2. Pemberian Cacing sebanyak 1-2 ekor maksimal 2 x seminggu.
3. Pemberian Multivitamin bisa dilakukan 1 x seminggu, hal ini disesuaikan dengan kondisi burung dan perubahan cuaca.
semoga sharing diatas dapat memberikan manfaat buat sobat kicau sekalian
.
Sumber Artikel : http://tokoburung.org/cara-merawat-burung-murai-batu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar